By Www.BestTheme.Net

On Thursday 16 July 2009 0 comments






Sulap Apakah Sama Dengan Sihir ?

Jika di terjemahkan ke bahasa inggris sebenarnya sulap dan sihir mempunyai kata yang sama yaitu magic padahal kata magic sendiri jika dilakukan reserve ke bahasa indonesia kadang artinya juga lain bisa berarti ajaib, sulap, sihir tergantung kalimat yang melengkapinya.

Sulap sendiri sebenarnya merupakan salah satu jenis seni karena biasanya acara sulap banyak membikin kagum pemirsanya sehinnga jenis hiburan ini juga banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia bahkan acara-acara sulap di televisi nasional juga memiliki ratting yang cukup tinggi ditandai dengan banyaknya sponsor dalam acara tersebut dan terkadang dalam percakapan sehari – hari juga cukup banyak diantara teman-teman kita yang membicarakanya.

Namun sayang sekali banyak sekali para pesulap yang menyamakan sulap sendiri dengan sihir atau mistis. Disini kita harus bisa kritis membedakan mana yang sulap dan mana yang sihir biasanya pesulap yang hanya mengejar popularitas dan uang saja yang mengatakan “ini adalah sihir” padahal jika kita cukup kritis ternyata pertunjukanya tidak lebih dari kecepatan tangan dan tipuan mata semata. Namun walaupun kita sudah tahu rahasianya biasanya tetap terhibur ketika menonton pertunjukan tersebut karena belum tentu kita bisa melakukan hal serupa, karena hal tersebut tentunya butuh latihan yang tidak sebentar.

Sulap lazimnya sama jika dibanding satu hal yang tidak tulen. Banyak hal yang harus dibuat supaya sulap tidak membuat celaka manusia yang mempraktikkan sulap itu. Tanpa didampingi ahli yang benar-benar kompeten, manusia awam yang belajar sulap dianjurkan tidak mempraktikkan ilmu sulap lebih lagi jika ilmu itu tidak secara rinci dijelaskan. Pada Sulap Tusuk Menusuk, tanpa ada ahli yang benar-benar kompeten yang membuat sulap ini mungkin saja wafat saat membuat sulap ini.

Ini Cuma Sulap, Bukan Sihir

Bukan sekadar tipuan mata, aksi pertunjukan sulap sudah jauh berkembang begitu rupa, bahkan melibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Buang jauh-jauh pikiran Anda bahwa semua ini adalah gaib, ilmu hitam, atau sebangsanya. Sulap hanyalah semata-mata hiburan yang menggunakan trik (atau sebaliknya?)

Mari kita ingat ucapan Harry Houdini, "Magic is the sole science not accepted by scientists, because they can’t understand it". Bisa jadi, Houdini – pesulap AS kelahiran Hongaria itu - sedang tidak bersikap serius saat mengucapkan kata-kata tadi. Atau, mungkin juga, pernyataan itu sesungguhnya adalah bagian dari aksi-aksi sulapnya yang selalu mengundang sensasi. Ya, siapa yang tahu.

Namun memang tidak bisa dipungkiri, aksi-aksi pertunjukan sulap dengan mata kepala sendiri seringkali berhasil menggelitik nalar. Tak terkecuali bagi mereka yang menyebut diri sebagai manusia rasional. Bagaimana hendak menjelaskan, misalnya, aksi ilusionis David Copperfield saat menembus Tembok Besar Cina? Atau David Blaine yang bertahan hidup 44 hari di kotak kaca yang digantung di pusat Kota London. Dari negeri sendiri, Deddy Corbuzier sukses menebak judul berita halaman satu harian Kompas, jauh sebelum penerbitannya. Semua itu seperti tidak masuk akal, tapi kok nyata?

Kita bisa saja mencibir terhadap aksi para pesulap itu dengan berkata, "Ah, itu kan cuma tipuan mata saja. Semua ada triknya. Kita sebagai penonton cuma dibohongi."

0 comments:

Post a Comment