By Www.BestTheme.Net

On Saturday 4 April 2009 0 comments




Mempelajari trik (rahasia) sulap baru mempelajari 5% dari ilmu sulap, 95%-nya lagi pesulap harus mempelajari ilmu cara mempertunjukan sulap. Setiap pertunjukan sulap harus dapat membuat heran penontonnya akan rahasia dibalik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, dll dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada. Misalnya ilmu fisika, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu psikologi, dan lain-lain. Seni Sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik atau supranatural, karena setiap trik sulap dapat dijelaskan. Sulap semata-mata hanyalah permainan "kelihaian" tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan/ peralatan ataupun efek yang timbul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertunjukkan kepada orang lain. Oleh sebab itu sulap dapat dipelajari oleh semua orang, asalkan orang tersebut mau berlatih pula dengan baik. Secara sederhana, hal-hal yang harus diperhatikan saat mempertunjukan sulap dapat dijabarkan sebagai berikut :




A. Pertama, harus berkomunikasi dengan penonton melalui mata. Ketika seseorang berbohong, biasanya ia tidak berani menatap mata anda, serta tampang tegang dan gelisah. Sedangkan seorang tukang sulap yang ulung bisa berkomunikasi dengan penonton melalui mata, dan kelihatan sangat santai.

B. Kedua, agar penonton tidak melihat perubahan yang terjadi. Pesulap bisa memanfaatkan kelemahan kita yang kadang kala tidak dapat memperhatikan perubahan drastis di lingkungan sekeliling. Karena Inattentional blindness atau sebuah fenomena di mana orang seolah-olah ’buta’ terhadap sesuatu yang berada di wilayah pandangannya dan jelas-jelas ia (mampu) melihatnya. ’Kebutaan’ ini disebabkan karena pada saat itu kita sedang tidak memperhatikan, atau perhatian kita sedang terpusat pada hal lain, sementara jangka perhatian kita terbatas.

C. Ketiga, memperlihatkan daya tarik wibawa yang luar biasa. Apabila pesulap menampilkan diri seolah-olah bisa sangat dipercaya, maka kecurigaan penonton ada kemungkinan bisa dihilangkan. Dan ketika kewaspadaan penonton menjadi kendur, perhatian mereka sangat mudah dikendalikan.

D. Keempat, pertunjukan berjalan lancar dan wajar. Dalam pertunjukan sulap yang membuat koin lenyap, tukang sulap harus kelihatan benar-benar sangat terkejut ketika koin lenyap untuk mengurangi rasa curiga penonton. Oleh karena itu, pesulap harus pula seorang aktor yang baik.




Dan bagi para pesulap, Anda sebaiknya tidak melakukan apa yang diuraikan dibawah ini agar bisa memberi kesan gaya tubuh yang lebih terpercaya saat sedang mempertunjukan keahliannya !
1. Ke atas dan ke kiri
Jangan sesekali menggerakan mata ke kanan atau kekiri tanpa fokus yang jelas karena apa bila seseorang sedang berbohong dan menggerakan matanya ke kanan, orang itu sedang berusaha mengingat-ingat kejadian. Tapi jika si pembohong melihat ke atas lalu ke kiri, orang itu sedang mengarang jawaban yang pas.
2. Bermain hidung dan telinga
Sudah jelas, anda tidak punya alergi apa-apa. Tapi anda terus-menerus memainkan telinga dan hidung. Mungkin anda sedang alergi bohong! Saat sedang berbohong, darah akan mengalir lebih banyak pada wajah, membuat hidung dan telinga terasa lebih hangat dan menjadi gatal.
3. Geser ke kiri, geser ke kanan
Mungkin anda hanya sekadar gugup saat menggeser-geser kursi atau mengetukkan jemari atau melakukan gerakan secara ragu tanpa arah yang pasti. Penonton akan curiga, bisa saja kegugupan ini terjadi karena anda sedang berbohong.
4. Tutup mulut!
Saat seseorang sedang berusaha menghalau kebenaran keluar dari mulut, secara tak sadar ia akan menghalangi mulutnya dengan tangan. Selain itu, anda mungkin akan menjilat bibirnya sendiri dan berusaha mengalihkan pandangan dari penonton, ke bawah dan ke kanan.

Apa pun yang anda lakukan di atas pentas, anda haruslah secara sempurna menghibur penonton anda tanpa harus penonton anda merasa dibohongi dengan permainan sulap anda yang sebenarnya hanyalah tipuan belaka.

Perlu di ingat sekali lagi yang menjadi andalan utama seorang pesulap sejati pada dasarnya hanyalah gerakan tangan, tubuh, dan kata-katanya. Juga pengetahuan akan mata dan pikiran manusia yang tidak sempurna, bukan sihir atau ilmu gaib yang perlu bantuan mahluk halus atau semacamnya.

“Make to belief...”

0 comments:

Post a Comment